5 Cara Merawat Sepeda Anak Agar Tahan Lama

Kita sepakat jika memilih sepeda tidak boleh sembarangan, Anda harus memilih sepeda yang menggunakan material dengan kualitas terbaik agar sepeda lebih tahan lama. Wimcycle menawarkan rangkaian sepeda berkualitas dengan desain yang stylish dan nyaman sesuai kebutuhan.

Tapi, apakah hanya mengandalkan material berkualitas saja bisa membuat sepeda lebih awet?

Barangkali itu yang menjadi alasan mengapa sekarang Anda tertarik untuk mengetahui cara merawat sepeda agar lebih awet.

Kabar baiknya, Anda berada di artikel yang tepat. Karena di artikel ini kami akan mengupas tuntas cara merawat sepeda agar lebih awet. Nah langkah-langkahnya apa saja? Kami merangkumnya menjadi 5 cara merawat sepeda.

Cek pembahasannya di bawah ini ya!

​Perhatikan Kebersihan Rangka Sepeda

Frame Sepeda BMX Bigfoot

Kerangka Sepeda menjadi komponen utama yang harus dijaga dan dirawat secara berkala

Cara merawat sepeda yang pertama adalah membersihkan rangka sepeda secara rutin. Menjaga kebersihan sepeda merupakan hal yang wajib Anda lakukan agar sepeda anak menjadi lebih awet. Selain membuat sepeda menjadi lebih awet, membersihkan sepeda secara rutin dapat membuat sepeda nyaman digunakan dan terlihat lebih bersih.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam membersihkan sepeda anak. Jika terdapat kesalahan dalam membersihkannya, bisa jadi sepeda malah cepat rusak. Sepeda yang terbuat dari material besi tentu saja akan mudah berkarat jika bertemu dengan air. Sedangkan air adalah bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan kotoran pada sepeda.

Untuk menghindari karat pada sepeda anak Anda, gunakanlah air secukupnya saja jangan terlalu banyak. Anda bisa membersihkan rangka sepeda dengan cara di lap dengan menggunakan kain basah tanpa harus menyiramnya. Kemudian, keringkan sepeda dan usahakan tidak ada air yang menempel pada sepeda.

Bagian-bagian sepeda lain yang perlu Anda bersihkan yaitu ban, rantai, dan bagian lain yang mudah terkena kotoran.

​Bersihkan Rantai dan Gear Berkala

Rantai Sepeda Wimcycle Thrasher

Sebagai komponen penggerak yang penting, Rantai sepeda wajib dibersihkan secara berkala dan diberikan pelumas.

Cara merawat sepeda berikutnya adalah dengan rutin membersihkan rantai dan gear sepeda. Rantai menjadi salah satu part paling utama dalam sebuah unit sepeda. Tanpa rantai, sepeda tidak akan bisa digunakan.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian rantai dan gear secara rutin. Rantai dan gear sepeda yang kotor bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat sepeda digunakan. Anda bisa menggunakan lap basah yang digunakan ketika membersihkan rangka sepeda. Bersihkan rantai dan gear secara menyeluruh, hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Selain itu, Anda juga bisa rutin memberikan oli pada rantai sepeda, untuk menjaga kualitas rantai. Alasan utama pemberian oli pada rantai adalah agar rantai tidak menjadi aus. Karena ketika rantai kering, bisa mengakibatkan rantai terputus saat mengendarai sepeda. Apalagi ketika sepeda digunakan pada medan yang menanjak.

​Cek Rem Pada Sepeda Anak

Cek Rem Pada Sepeda Anak

Pengecekan rem sepeda harus selalu di perjatikan karena menjadi bagian penting untuk keamanan berkendara

Rem merupakan salah satu komponen pada sepeda yang mempunyai fungsi dalam hal keamanan. Jika rem pada sepeda anak tidak berfungsi secara normal, maka anak bisa dalam bahaya.

Untuk itu, orang tua mengetahui bagaimana cara merawat sepeda terutama bagian remnya. Anda harus memastikan bahwa kampas rem sepeda masih tebal, supaya pengereman bisa berjalan dengan maksimal.

Selain itu, Anda juga harus rutin mengecek bagian kabel dan minyak rem apakah masih berfungsi secara normal atau tidak. Perawatan sepeda yang menggunakan rem hidrolik atau menggunakan fluida, lebih sulit dari pada sepeda dengan rem yang masih menggunakan mekanisme kabel biasa.

Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan sepeda anak Anda agar kotoran-kotoran tidak menempel dan akan mengakibatkan rem tidak bekerja secara optimal. Ajak juga anak Anda untuk ikut membantu orang tuanya ketika membersihkan sepeda.

​Cek Baut dan Mur Pada Sepeda Anak

Pengecekan Mur dan Baut Sepeda Anak

Pengecekan mur & baut wajib diperhatikan agar komponen sepeda tidak mudah aus dan tetap terawat

Cara merawat sepeda berikutnya adalah dengan mengecek semua baut dan mur pada sepeda anak sudah terpasang dengan benar dan kencang. Semakin sering anak menggunakan sepeda, maka bisa menyebabkan baut dan mur kendor atau berubah.

Baut dan mur yang longgar bisa mengakibatkan bagian sepeda rusak dan membahayakan anak Anda. Anda harus selalu memastikan baut pada bagian stem, stang, shifter, rem, AS QR atau TA pada roda, baut saddle dan seatpot berada dalam kondisi kencang. Nah, bagian terakhir yang harus Anda cek adalah baut pada pedal sepeda. Jika baut dan mur sudah berkarat, jangan untuk untuk menggantinya, ya.

​Cek Tekanan Ban

Cek Tekanan Sepeda Anak

Tekanan ban menjadi faktor penting untuk menjaga laju sepeda agar melaju lebih baik & efisien saat pedaling

Selain berfungsi untuk memberikan performa ketika digunakan, tekanan angin pada sepeda juga memiliki fungsi untuk mempertahankan elastisitas ban tersebut.

Ban yang terisi angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan, tentu saja lebih awet. Sebaiknya Anda memeriksa tekanan ban secara rutin, apalagi ketika sepeda rutin digunakan oleh anak agar terhindar dari kebocoran saat dijalan.

Cara merawat sepeda bagian ban adalah mengecek tekanan ban apakah sudah sesuai atau belum menggunakan pompa sepeda yang memiliki gauge. Jadi setiap Anda memompa sepeda, Anda bisa mengetahui tekanan sepeda secara langsung.

Harga pompa sepeda juga tidak terlalu mahal, apalagi pompa tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk memompa sepeda saja tetapi bisa untuk sepeda motor dan benda-benda lainnya.

 

Nah, itulah lima cara merawat sepeda anak yang perlu Anda ketahui. Selain melakukan cara-cara di atas, sebaiknya Anda juga jangan membiarkan sepeda terbuka tanpa perlindungan. Kenapa? Karena bisa mempercepat kerusakan sepeda.

Sinar matahari, material asing, dan hujan bisa menyebabkan kerusakan pada sepeda sehingga Anda harus memperbaikinya. Jika cuaca sedang lembab, karat pada komponen yang terbuat dari logam tertentu bisa berkembang dengan cepat.

Oleh karena itu, Anda harus menyimpan sepeda di dalam rumah. Namun, jika Anda tidak mempunyai cukup ruang untuk menyimpan sepeda, Anda bisa membeli cover sepeda. Mudah bukan? Mulai sekarang sering-sering merawat sepedanya ya.

ARTIKEL DAN BERITA TERKAIT

Ikuti Lomba Video “Hebohnya Belajar Sepeda” dan Menangkan 3 Sepeda dan 25 Mainan Edukasi Menarik

June 25, 2021
OLEH Marcomm

Apa sih Hebohnya Belajar Sepeda itu? Hebohnya Belajar Sepeda adalah kompetisi online yang di selenggarakan untuk mengajak orang tua mengajari anak aktif belajar sepeda. Kompetisi ini dilakukan melalui social media. Apakah ada biaya pendaftaran untuk mengikuti kegiatan ini? Pihak Wimcycle tidak akan memungut biaya apapun untuk mengikuti kegiatan ini, maupun kepada pemenang nantinya. Peserta cukup […]

Baca Selengkapnya
Manfaat bermain sepeda pada anak

10 Manfaat Bermain Sepeda Pada Anak

January 25, 2023
OLEH Agus Kurniawan

Ada banyak ragam aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan si kecil, terutama untuk perkembangan tumbuh kembangnya. Salah satu bentuk kegiatan adalah dengan mengajak si kecil bermain sepeda, selain menyenangkan aktivitas bersepeda juga memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh anak adalah sebagai berikut: 1. ​Belajar Menyeimbangkan Tubuh Bersepeda dapat meningkatkan kesetabilan anak saat di […]

Baca Selengkapnya

Cara Menggunakan Helm Yang Benar Agar Tetap Aman

September 18, 2020
OLEH Marcomm

Disaat pandemi saat ini, masyarakat Indonesia mulai menggemari bersepeda, mulai dari sepeda anak, sepeda gunung ( sepeda MTB), sepeda balap ( Road Bike), sepeda CTB, sepeda fixie hingga sepeda lipat ( folding bike).  Olahraga khususnya bersepeda memang banyak sekali manfaatnya. Sebelumnya perlu diketahui untuk membeli helm yang sesuai dengan ukuran dan tipe helm sesuai dengan […]

Baca Selengkapnya