Perlengkapan Wajib yang Harus Digunakan Saat Anak Bersepeda

Wimmers agar  aktivitas bersepeda berlangsung dengan lancar  maka anak membutuhkan persiapan yang tepat. Penting bagi orang tua untuk mempersiapkan perlengkapan bersepeda dengan baik. Perlengkapan bersepeda ini diperlukan untuk menghindari berbagai risiko yang  tidak diinginkan, misalnya anak cedera karena terjatuh.

Bersepeda merupakan aktivitas di luar ruangan yang mempunyai berbagai risiko. Baik untuk anak yang baru belajar bersepeda ataupun anak yang sudah mahir mengendarai sepeda. Aktivitas tersebut selalu memiliki risiko cedera atau terjatuh. Khususnya jika anak Anda gemar bersepeda dalam waktu, tempat, atau keadaan yang cukup berisiko seperti:

  • Bersepeda ke area perbukitan.
  • Bersepeda di malam hari.
  • Bersepeda jarak jauh.
  • Bersepeda di rute baru atau jalan yang masih asing.

Banyak anggapan bahwa perlengkapan bersepeda hanya diperlukan oleh anak yang baru belajar bersepeda, sedangkan anak yang sudah mahir tidak membutuhkannya lagi.

Padahal, tidak peduli seberapa lama anak Anda telah menggunakan sepeda, perlengkapan bersepeda tidak boleh diabaikan ya. Karena risiko bersepeda bisa terjadi pada siapa saja tanpa Anda duga.

Berikut ini beberapa macam perlengkapan sepeda yang perlu Anda siapkan untuk melindungi anak Anda.

Helm

Helm pelerngkapan wajib bersepeda anak
Helm merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus digunakan anak saat bersepeda

Helm merupakan salah satu perlengkapan bersepeda yang paling esensial. Keselamatan adalah yang paling utama, pastikan anak Anda sudah terlindungi sebelum mengendarai sepeda.

Hel yang dijual di pasaran umumnya sudah sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan. Namun ada satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sepeda, pastikan helm tersebut pas di kepala anak Anda. Helm yang  tidak pas akan menyebabkan kadar proteksinya berkurang.

Setelah faktor keamanan sudah Anda pastikan, carilah helm sepeda yang sesuai. Ada tiga tipe dasar helm sepeda, yaitu:

  • Helm sepeda rekreasi. Helm ini harganya cukup murah dan bisa memberikan perlindungan untuk mereka yang senang bersepeda di jalur aman, seperti komplek perumahan dan komplek olahraga.
  • Helm road bike. Hel ini dirancang sangat ringan, mempunyai ventilasaaai yang cukup dan juga memiliki sifat aerodinamis.
  • Helm sepeda gunung. Helm jenis ini memiliki perlindungan pada bagian belakang kepala yang lebih baik dan memiliki banyak ventilasi. 

Kemudian, pertimbangkan juga adanya fitur-fitur khusus yang menurut Anda diperlukan seperti teknologi perlindungan yang lebih maju atau desain yang unik. 

Pakaian atau Jersey Berwarna Terang 

Pakaian berwarna terang perlengkapan wajib saat bersepeda
Agar dapat dilihat di jalan, menggunakan pakaian berwarna terang menjadi wajib agar visibilitas kita saat di jalan raya dapat dilihat oleh pengendara lain.

Perlengkapan bersepeda selanjutnya yaitu pakaian atau jersey yang berwarna terang. Pakaian bersepeda ini bisa membuat aktivitas anak menjadi lebih aman dan nyaman. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih pakaian untuk bersepeda, yaitu:

  • Pilihlah baju khusus untuk bersepeda yang lebih pas di badan. Karena pakaian yang  longgar bisa memerangkap udara (angin), menyebabkan kebisingan, dan membuat anak merasa lembap karena berkeringat.
  • Pilihlah bahan yang nyaman dan warna yang lebih cerah. Warna pakaian yang cerah, bisa membuat anak terlihat oleh pengendara sepeda atau pengguna jalan lainnya ketika sedang mengendarai sepeda.
  • Pilihlah celana bersepeda yang memiliki bantalan khusus, sehingga membuat posisi duduk anak menjadi lebih nyaman.

Celana Sepeda

Celana Sepeda Perlengkapan wajib saat bersepeda
Menggunakan celana sepeda yang berpadding saat bersepeda menjadi nyaman ketika digunakan.

Celana sepeda merupakan salah satu perlengkapan bersepeda yang harus digunakan oleh anak. Pastikan anak Anda menggunakan celana sepeda yang berbahan dasar lentur dan mempunyai padding (busa dibagian belakang) untuk mengurangi rasa sakit pada bokong dan ketidaknyamanan saat di jalan.

Sarung Tangan

Sarung tangan menjadi wajib saat digunakan saat bersepeda
Selain untuk keselamatan, Penggunaan Sarung Tangan Sepeda dapat membantu untuk kontrok sepeda yang lebih baik.

Sarung tangan bisa memberikan perlindungan dari sinar matahari dan permukaan tangan ketika anak Anda terjatuh. Sarung tangan juga bisa menambah grip dan feel berkendara yang lebih baik, serta membantu untuk meredam getaran ketika berada di jalan.

Perlengkapan Pendukung Saat Bersepeda di Jalan Raya

Selain beberapa perlengkapan bersepeda yang penting seperti di atas, ada beberapa perlengkapan lain yang bisa Anda beli untuk mendukung dan membuat bersepeda menjadi lebih nyaman. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Botol Minum 

Botol minum sepeda sebagai perlengkapan wajib bersepeda anak
Botol minum sepeda atau Bidon menjadi pelengkap saat bersepeda karena dapat membantu anak untuk mengisi tenaga.

Agar bersepeda tetap aman dan nyaman, badan juga harus tetap terhidrasi. Perlu diingat bahwa bersepeda juga bisa menyita energi dan menguras cairan tubuh anak Anda. Jadi, pastikan anak mengisi tubuh dengan cairan yang cukup sebelum bersepeda, selama bersepeda, dan setelah bersepeda.

Pastikan anak Anda selalu membawa botol berisi air minum saat bersepeda, walaupun hanya bersepeda santai, ya. Sebaiknya Anda memilih botol air dengan desain yang membuat anak mudah untuk meminumnya. Misalnya botol air yang memiliki spout atau sedotan.

Lampu Sepeda 

Lampu sepeda sebagai perlengapan wajib saat anak bersepeda
Walau esensial penggunaan lampu sepeda wajib di gunakan untuk memberikan signal di jalan dan visibilitas saat bersepeda.

Lampu menjadi salah satu perlengkapan bersepeda yang sama pentingnya dengan perlengkapan lainnya, apalagi untuk anak yang bersepeda di malam hari. Lampu dan reflektor akan memastikan bahwa anak akan terlihat oleh pengguna jalan lain.

Ada banyak pilihan model lampu yang bisa Anda pilih, misalnya lampu yang dioperasikan dengan baterai ataupun bisa diisi ulang. Lampu perlu Anda pasang di bagian depan sepeda untuk menerangi  jalan dan di bagian belakang untuk penanda bagi pengendara yang ada di belakang.

Kacamata 

Kacamata sebagai perlengkapan wajib saat bersepeda
Walaupun essensial penggunaan Kacamata dapat membantu anak terlihat keren dan aman jika terkena debu.

Kacamata sepeda bukan untuk gaya-gayaan, tetapi kacamata memiliki peran yang penting dan bahkan bisa menyelamatkan anak Anda. Kacamata bisa menahan debu yang akan masuk ke dalam mata yang akan membuat mata anak sakit.

Bayangkan saja jika anak bersepeda di pinggir jalan ramai, anak Anda harus selalu memperhatikan jalanan yang ramai agar tetap aman. Kalau mata anak sampai kemasukan debu, sudah pasti pandangan matanya akan menjadi buram dan bahkan ada rasa tidak nyaman karena harus mengucek mata.

Selain bermanfaat untuk mencegah debu masuk ke mata, kacamata juga bisa membantu pandangan dari silaunya cahaya matahari dan terpaan angin. Lensa kacamata sepeda juga bisa disesuaikan dengan kondisi mata anak, agar mereka tetap nyaman.

Nah, itulah beberapa perlengkapan bersepeda yang sebaiknya Anda persiapkan untuk anak. Pastikan bahwa anak menggunakan perlengkapan tersebut dengan bahan dan ukuran yang sesuai agar anak merasa nyaman.

ARTIKEL DAN BERITA TERKAIT

Promo Akhir Tahun Wimcycle PrestaWIM Ganjil 2023

Promo Akhir Tahun Wimcycle #PrestaWIM Berhadiah Boneka

December 26, 2023
OLEH Agus Kurniawan

Syarat & Ketentuan Promo #PrestaWIM Semester Ganjil 2023 Hallo Wimmers, Sebagai bentuk apresiasi kami kepada anak-anak Indonesia yang telah berjuang di semester Ganjil ini. Wimmin ingin sekali memberikan Boneka Exclusive Seri Goal Edition. Program ini terbatas hanya untuk 100 Orang Pertama. Selama bulan Desember 2023 – Januari 2024. Adapun detail promo #PrestaWIM sebagai berikut. Detail […]

Baca Selengkapnya

Perlengkapan yang perlu di persiapkan sebelum bersepeda

July 8, 2020
OLEH Marcomm

  Ayah dan Bunda, tahukah apa saja sih yang perlu di persiapkan sebelum bersepeda? Yuk cek To do list sebelum bersepeda : 1. Pilih medan pemula: mulai di zona yang nyaman untuk anak Anda ( jalur datar dan beraspal, jauh dari lalu lintas) 2. Tidur yang cukup : Pastikan memiliki waktu istirahat yang cukup dan […]

Baca Selengkapnya

Peran Penting Orang Tua Dalam Pertumbuhan Anak

July 22, 2020
OLEH Marcomm

Dalam kehidupan yang serba modern saat ini seringkali orang tua sering melupakan hal-hal kecil yang dibutuhkan oleh anak-anak saat beranjak remaja. Orang tua disibukkan dengan urusan pribadi mulai dari pekerjaan dikantor, acara kumpul-kumpul/ arisan bersama, hingga akhirnya sering lupa waktu untuk juga menjaga dan memerhatikan pertumbuhkan anak. Kali ini, kami akan memberikan tips-tips peran penting […]

Baca Selengkapnya