Kenali Jenis-Jenis Sepeda Anak Berdasarkan Usia

Hari ini anak Anda berhasil melakukan sesuatu dan layak untuk mendapatkan apresiasi, salah satu bentuk apresiasi adalah dengan membelikan sepeda, agar si kecil bisa bersepeda dengan teman-temannya.

Manfaat sepeda untuk anak ada banyak, selain bisa membuat badan lebih sehat. Bersepeda juga memiliki manfaat lain, seperti melatih keseimbangan anak, belajar mengenal arah, melatih fokus, mengasah kemampuan bersosialisasi dan lain sebagainya.

Tapi masalahnya, apakah Anda tahu jenis sepeda anak yang cocok?

Mungkin itulah mengapa Anda berada di artikel ini yaitu untuk mencari tahu info tentang jenis sepeda anak, sehingga Anda bisa memilih jenis sepeda anak yang cocok.

Kabar baiknya, di artikel ini kami akan memberikan info tentang jenis sepeda anak dan merekomendasikan beberapa sepeda yang bisa Anda pertimbangkan.

Yuk kita cari tahu infonya!

Sepeda roda tiga

Sepeda roda tiga untuk anak 2-3 tahun
Sepeda roda tiga untuk anak 2-3 tahun

Jenis sepeda anak pertama yang akan kita bahas yaitu sepeda roda tiga, sepeda jenis ini bisa menjadi pilihan para orang tua untuk melatih anak belajar bersepeda. Sepeda ini cocok digunakan untuk anak berusia kisaran 8 bulan dan sudah bisa duduk dengan tegak.

Apakah anak usia 1-2 tahun cocok menggunakan sepeda roda tiga? Tentu saja, apalagi biasanya anak berusia 1-2 tahun sudah bisa mengayuh. Hanya saja mungkin belum bisa menyeimbangkan diri jika pake sepeda roda dua, jadi amannya menggunakan sepeda roda tiga.

Ketika si kecil mencapai usia 3-5 tahun, tubuhnya mulai membesar dan akan sulit untuk mengayuh pedal yang ada di sepeda roda tiga, maka di usia tersebut si kecil kami rekomendasikan menggunakan sepeda ukuran 12 dengan tambahan bantuan roda di bagian belakangnya.

Memang, jangka waktu pemakaian sepeda roda tiga sangat singkat. Jadi jangan sampai terlambat menyiapkannya, sesuaikan dengan usia mereka ya!

Balance Bike

Balance Bike untuk anak usia 1.5 tahun
Balance Bike untuk anak usia 1.5 tahun

Apakah Anda pernah melihat sepeda tanpa menggunakan pedal dan biasanya digunakan oleh anak-anak? Ya itulah sepeda yang dikenal sebagai balance bike atau kick bite. Sepeda jenis ini cukup populer dan tentu saja anak senang memilikinya.

Balance bike memiliki roda dua dan di desain tanpa menggunakan pedal serta rantai, tujuanya adalah untuk melatih keseimbangan anak. Bagaimana cara menggerakkan sepedanya? Caranya adalah dengan berjalan, berlari atau meluncur.

Umumnya sepeda ini dipakai untuk anak yang berusia 1,5 tahun. Namun syarat utama menggunakan sepeda ini adalah anak Anda sudah bisa berjalan dengan kokoh dan stabil. Manfaat dari sepeda ini banyak seperti dapat membantu melatih motorik kasar, belajar keseimbangan dan melatih koordinasi antara otak dan otot.

Berat dari sepeda ini biasanya lebih ringan ketimbang dengan sepeda biasa. Sehingga, anak akan lebih mudah saat mengendarai sepeda ini. Balance bike juga lebih aman dikarenakan untuk menyeimbangkannya hanya dengan menggunakan kaki si kecil.

Sepeda Roda 12-14 inchi

Wimcycle Bugsy cocok untuk anak usia 3-4 tahun
Sepeda Roda 2 dengan tambahan roda bantu Wimcycle Bugsy Blue dengan ukuran rooda 12″

Jenis sepeda anak berikutnya adalah sepeda dengan ukuran roda 12-14 inchi, bagi beberapa anak sepeda roda dengan diameter 12 ini adalah sepeda kayuh pertama. Oleh karena itu di titik ini, Anda perlu memilihkan sepeda yang tepat, karena rasa nyaman dan percaya diri sangat penting.

Sepeda anak yang bisa membuat nyaman si kecil harus memiliki roda tambahan di bagian belakangnya, tujuannya adalah agar si kecil bisa lebih percaya diri ketika bersepeda tanpa bantuan orang tuanya.

Sepeda ukuran 12 inchi yang kami rekomendasikan harus terbuat dari material aluminium. Kenapa? Karena bahan ini lebih ringan dan tahan terhadap karat. Wimcycle semua produk sepeda anak terbuat dari bahan alumunium yang kuat.

Misalnya saja Wimcycle sepeda anak 12 inchi yaitu bugsy girls dan bugsy boys edition, kedua sepeda tersebut menggunakan bahan alumunium yang kuat. Warna yang tersedia juga sangat ceria, sehingga cocok untuk usia 3-4 tahun.

Sepeda Roda 16-18 inchi

Sepeda BMX Anak Wimcycle Big Foot Green
Sepeda BMX Anak Wimcycle Big Foot Green dengan ukuran roda 18″ hadir dengan roda bantu

Sekarang mungkin timbul pertanyaan, bagaimana jika anak sudah terbiasa dan percaya diri bersepeda? Anda bisa membelikan sepeda dengan diameter 16 inchi. Bagian rangkanya juga kami sarankan terbuat dari alumunium dan ada roda bantu.

Misalnya saja salah satu produk kami yaitu BMX Shotgun yang sudah dilengkapi dengan pelindung rantai, fender depan dan belakang untuk melindungi anak Anda dari percikan air. Bagian ban belakang juga terdapat roda bantu, sehingga si kecil lebih aman ketika bersepeda tanpa bantuan orang tuanya.

Sepeda berukuran 16 inchi ini, bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan juga koordinasi tubuh si kecil ketika mengayuh sepeda. Ketika anak Anda sudah mampu bersepeda sendiri, perlahan bisa dibuka roda bantunya.

Selain sepeda berukuran 16 inchi, ada sepeda 18 inchi yang perbedaannya di ukuran rodanya saja.

Sepeda Roda 20 inchi

Sepeda BMX Anak Wimcycle Dragster
Sepeda BMX Anak Wimcycle Dragster hadir dengan ukuran roda 20″

Jenis sepeda anak berikutnya adalah sepeda dengan ukuran ban 20 inchi, sepeda ini biasanya tidak ada roda bantu. Jadi cocok untuk digunakan oleh anak berusia 6-8 tahun, dimana usia tersebut biasanya anak sudah memiliki tubuh yang tinggi dan sudah bisa menyeimbangkan badan ketika mengendarai sepeda.

Beberapa anak mungkin tetap harus didampingi oleh orang tuanya ketika mengendarai sepeda roda 20 inchi ini. Salah satu sepeda dengan ukuran roda 20 inchi yang kami rekomendasikan adalah BMX Bigfoot, BMX THRASHER dan BMX SHOTGUN.

Ketiga sepeda anak tersebut terbuat dari bahan steel alumunium yang kuat, bagian rantainya juga terdapat pelindung rantai dan didesain dengan baik sehingga cocok untuk anak laki-laki.

Sedangkan rekomendasi sepeda roda 20 inchi untuk perempuan adalah KIDS YUNA dan KIDS YUNA STEEL BASKET yang tidak kalah berkualitas dengan ketiga sepeda anak laki-laki di atas.

Sepeda BMX

Sepeda Anak Wimcycle BMX Thrasher
Sepeda Anak Wimcycle BMX Thrasher dengan roda 20″ mempunyai reach head tube lebih panjang

Jenis sepeda anak terakhir adalah sepeda BMX atau kita mengenal dengan istilah lain yaitu Bicycle Motocross. Bisa dibilang saat ini sepeda BMX sangat populer, sampai-sampai pemerintah juga memfasilitasi untuk bermain sepeda BMX yang awalnya dirancang untuk atraksi.

Semakin berkembangnya sepeda, saat ini sepeda BMX tidak hanya bisa digunakan oleh orang dewasa saja untuk atraksi. Anda bisa membelikan sepeda BMX untuk melatih anak bersepeda, salah satu produk Wimcycle yang bisa Anda gunakan adalah BMX SHOTGUN yang tersedia dengan berbagai macam ukuran dan warna.

Rekomendasi lainnya ada BMX BIGFOOT dan BMX THRASHER yang bisa Anda pilih sesuai dengan ukuran dan usia anak Anda.

Pilihkan Jenis Sepeda Anak yang Pas dan Cocok

Sepeda Anak Wimcycle SHotgun Gray
Besar kecilnya sepeda anak mempengaruhi kenyamanan anak saat mengendarai sepeda

Sebagai penutup, kami memberikan tips tambahan ketika Anda akan memilih jenis sepeda anak yang cocok untuk kebutuhan si kecil.

Caranya adalah ajak anak Anda ke toko sepeda dan minta ia menaiki sepeda yang Anda pilihkan, lihat apakah kakinya menapak tanah atau tidak (bukan dengan cara berjinjit ya)? Ketika si kecil duduk, apakah kakinya bisa mengayuh pedal dengan baik dan nyaman?

Dan pada bagian tangannya, apakah anak Anda bisa memegang handle dengan nyaman ketika duduk? Jika semua jawaban dari pertanyaan tersebut iya, artinya jenis sepeda tersebut sudah benar dan bisa memberikan kenyamanan si kecil.

Intinya, belikan sepeda yang tidak terlalu besar dan kecil. Namun yang cocok dan sesuai dengan ukuran badannya, karena jika Anda salah memilihkan jenis sepeda anak. Alih-alih ingin mengenalkan bersepeda, si kecil malah tidak suka bersepeda dan membuat si kecil cedera.

Jadi, ingat ya pilihkan jenis sepeda anak yang pas dan cocok dengan usia dan ukuran badan.

Semoga bermanfaat!

ARTIKEL DAN BERITA TERKAIT

Perlengkapan bersepeda wajib digunakan untuk anak

Perlengkapan Wajib yang Harus Digunakan Saat Anak Bersepeda

March 1, 2023
OLEH Agus Kurniawan

Wimmers agar  aktivitas bersepeda berlangsung dengan lancar  maka anak membutuhkan persiapan yang tepat. Penting bagi orang tua untuk mempersiapkan perlengkapan bersepeda dengan baik. Perlengkapan bersepeda ini diperlukan untuk menghindari berbagai risiko yang  tidak diinginkan, misalnya anak cedera karena terjatuh. Bersepeda merupakan aktivitas di luar ruangan yang mempunyai berbagai risiko. Baik untuk anak yang baru belajar […]

Baca Selengkapnya

Berkeliling Wisata Yogyakarta Rayakan Hari Jadi Pertama Komunitas Pocket Rocket

December 21, 2020
OLEH Marcomm

Pocket Rocket sepeda lipat legenda Wimcycle ini memiliki komunitas dibeberapa kota di Indonesia, salah satunya Yogyakarta. Tanggal 6 Desember 2020 lalu rayakan ulang tahun komunitas dengan bersepeda yang diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari anggota komunitas dari beberapa kota yaitu : Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Makassar dan beberapa kota lainnya.         […]

Baca Selengkapnya

Manfaat Bersepeda Untuk Anak

June 29, 2020
OLEH admin

Kegiatan bersepeda merupakan salah satu alternatif kegiatan yang dapat dilakukan anak-anak untuk bermain. Mengisi waktu luang dan tentunya dapat melatih dan membantu tumbuh kembang anak-anak bersosialiasi dengan lingkungan sekitar. Bersepeda sangat mengasyikan bagi anak-anak, karena dapat bertemu dengan teman sebayanya, dapat menghirup udara segar dan banyak manfaat lainnya. Ingin tahu manfaat apa saja yang didapatkan […]

Baca Selengkapnya