10 Manfaat Bermain Sepeda Pada Anak

Ada banyak ragam aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan si kecil, terutama untuk perkembangan tumbuh kembangnya. Salah satu bentuk kegiatan adalah dengan mengajak si kecil bermain sepeda, selain menyenangkan aktivitas bersepeda juga memiliki banyak manfaat.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh anak adalah sebagai berikut:

1. ​Belajar Menyeimbangkan Tubuh

Belajar menyeimbangkan tubuh sepeda anak wimcycle

Bersepeda dapat meningkatkan kesetabilan anak saat di atas sepeda

 

Manfaat bermain sepeda anak yang pertama adalah melatih keseimbangan tubuh. Belajar mengendarai sepeda membutuhkan kesembangan tubuh agar tidak terjatuh. Pada awalnya, anak pasti akan merasa kesulitan untuk belajar menyeimbangkan tubuh mereka.

Tapi jika dilakukan secara terus menerus, anak Anda akan mulai terbiasa melakukannya. Menjaga keseimbangan penting untuk anak kuasai, agar mereka tidak mudah terjatuh saat berjalan, berlari, melompat, memanjat, dan berbagai aktivitas lainnya.

2. ​Belajar Melatih KonsentrasiManfaat bermain sepeda melatih konsentrasi anak

Dengan bersepeda anak menjadi fokus dan tetap berkonsentrasi agar ia tidak terjatuh

 

Ketika anak Anda aktif bersepeda, selain belajar menyeimbangkan tubuh. Secara tidak langsung si kecil sedang belajar melatih konsentrasi. Karena bermain sepeda mengharuskan si kecil untuk selalu menjaga fokus dan tetap berkonsentrasi agar ia tidak jatuh.

Ketika ia bermain sepeda, ia juga harus belajar menghindari segala hal yang menghalangi ketika bersepeda, baik itu tembok dan lainnya sehingga harus segera berbalik atau berhenti. Hal ini yang membuat konsentrasinya terus dilatih sambil bermain.

​3. Bersosialisasi dengan Anak Lain

Maanfaat bersepeda dapat bersosialisasi dengan anak lain

Sepeda membuat anak mempunyai teman baru dan mudah untuk bersosialisasi

 

Manfaat bermain sepeda anak selanjutnya adalah bisa meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak-anak dengan lingkungan sekitarnya.

Keterampilan komunikasi bisa memberikan anak-anak kesempatan untuk memperoleh teman baru, berbagi cerita, berbagi rahasia, berbagi pandangan, mendiskusikan masalah-masalah yang mereka hadapi, dan bersenang-senang bersama.

Kegembiraan dan kesenangan ketika bermain sepeda bersama temannya bisa jauh lebih baik daripada bersepeda sendirian. Selain itu, mengendarai sepeda juga bisa membantu meningkatkan kedisiplinan sosial anak. Sehingga anak bisa bersosialisasi dengan anak lain yang memiliki minat sama.

Ketika anak Anda sibuk bersama teman-teman di lingkungan sekitarnya, maka keterampilan sosial mereka tentu saja akan berkembang.

4. ​Menyehatkan Jantung Anak

bermain sepeda dapat melatih jantung pada anak

Bersepeda dapat menjaga dan mengoptimalkan sistem kerja jantung anak

Bermain sepeda juga bisa mengoptimalkan kinerja sistem jantung anak, tepatnya jantung dan juga pembuluh darah. Caranya adalah dengan memperkuat otot jantung serta bisa meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh anak.

Sehingga di masa depan, diharapkan anak Anda akan tumbuh dengan sehat dan resiko terkena serangan jantung, tekanan darah tinggi dan serangan jantung bisa dikurangi.

​5. Meningkatkan Sistem Imun Anak

bermain sepeda dapat meningkatkan imun anak

Selain menyenangkan bermain sepeda dapat meningkatkan sistem imun pada anak

Bagi anak mungkin bersepeda hanya sarana bermain yang menyenangkan, akan tetapi dari sisi kesehatan. Bermain sepeda sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun anak, pasalnya aktivitas ringan seperti bersepeda dapat meningkatkan produksi protein esensial dan produksi sel imunitas tubuh.

Jadi sambil bermain, si kecil juga tanpa ia sadari sedang memperkuat imun tubuh. Sehingga dapat meminimalisir terserang penyakit flu.

​6. Melatih Kemampuan Motorik Anak

meningkatkan motorik anak

Bermain sepeda mempercepat datangnya informasi visual pada anak sehingga motorik anak akan meningkat

Keterampilan motorik anak bisa diasah dengan cara bermain sepeda. Contohnya ketika anak mengendarai sepeda secara inheren, maka keterampilan visual anak akan meningkat. Karena mengendarai sepeda akan mempercepat datangnya informasi visual pada anak daripada saat mereka berjalan atau diam saja.

Selain itu, mengendarai sepeda juga bisa menumbuhkan mental anak. Namun, anak membutuhkan fokus untuk bisa menguasainya.

Memahami keterampilan mengendarai sepeda juga membutuhkan tekad yang kuat untuk melaksanakannya hingga akhir. Namun, ketika anak Anda berhasil melakukannya, tentu saja hal tersebut sepadan dengan usaha yang telah dilakukannya.

7. ​Belajar Arah: Kiri, Kanan, Depan, Belakang

bermain sepeda dapat meningkatkan motorik anak

Bermain sepeda dapat meningkatkan pemahaman anak tentang arah saat mengendarai sepeda

Cara paling mudah untuk mengajari anak tentang arah (kiri, kanan, depan, dan belakang) adalah dengan bersepeda. Ketika anak Anda mengendarai sepeda, mereka akan berpetualang ke tempat-tempat yang disukainya.

Nah untuk mencapai tempat tersebut, tentu saja anak harus mengetahui arah agar bisa sampai ke tujuannya. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengajari arah kiri, kanan, depan, dan belakang kepada anak sampai akhirnya ia sendiri tahu tanpa perlu ditemani.

8. ​Melatih Kemandirian Pada Anak

bermain sepeda dapat meningkatkan kemandirian pada anak

Ketika bersepeda anak akan semakin mandiri dan dapat meningkatkan percaya diri

Manfaat bermain sepeda anak salah satunya untuk melatih kemandirian anak. Bermain sepeda bisa meningkatkan rasa percaya diri anak, karena mulai saat itu anak sudah keluar rumah secara mandiri.

Mereka akan menjadi sadar dengan tubuh dan lingkungannya, serta merasa lebih bertanggung jawab. Dengan demikian, anak akan terbantu dalam mengenal dunia yang ada di sekitarnya dan mempersiapkan anak Anda agar terbiasa dengan kondisi yang ada di lingkungan sekitarnya.

Kemandirian dan kepercayaan diri anak juga bisa membantu mereka untuk merasa nyaman ketika ada di luar rumah, tanpa masuk ke dalam zona ketakutan atau ketidakberdayaan. Mereka akan belajar untuk menjelajah lingkungan sekitar dengan mandiri tanpa bergantung dengan orang lain.

Ia hanya tinggal mengayuh sepedanya untuk menuju tempat yang membuatnya penasaran dan ingin melihatnya. Namun, Anda juga tetap harus mengawasi anak ketika bersepeda, agar mereka tidak pergi ke tempat yang berbahaya.

Berbeda dengan saat Anda menemani anak bermain atau bersenang-senang, hal tersebut bisa menumbuhkan ikatan dalam keluarga. Anak Anda cenderung lebih menikmati wahana mereka dan membuat kenangan indah, sehingga mereka merasa lebih positif dan bahagia.

9. ​Belajar Mengayuh

bermain sepeda dapat meningkatkan kemandirian anak

Manfaat dasar ketika anak bersepeda adalah mengetahu cara mengayuh sepeda

Tahukah Anda ternyata manfaat bermain sepeda anak bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak dan membantu Ia untuk berlatih mengayuh sepeda dengan baik? Nah, manfaat bermain sepeda ini sangat berdampak baik untuk anak usia empat sampai enam tahun.

Pada usia ini anak sangat dianjurkan untuk memperbanyak gerak, tentu saja agar persendian anak bisa bekerja dengan lebih baik saat mereka dewasa.

Sama halnya ketika anak berenang, bermain bola, ataupun berlari. Saat anak mengayuh sepeda, mereka akan mempelajari bagaimana caranya agar sepeda bisa berjalan dan akhirnya melaju dengan kecepatan yang diinginkan.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan kecepatan anak saat mengayuh sepeda agar terhindar dari bahaya.

Mengayuh sepeda juga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika anak Anda belum bisa mengendarai sepeda sama sekali. Memberinya apresiasi saat anak bisa mengayuh sepeda dengan baik, tentu saja akan membuatnya merasa mendapatkan penghargaan.

Begitu juga anak, ia akan merasa harus berusaha dengan lebih baik lagi keesokan harinya. Keyakinan dan kepercayaan diri anak akan tertanam dengan baik ketika mereka belajar mengayuh sepeda.

​10. Belajar Mengenai Kepemilikan Barang

dengan mempunyai sepeda mengajarkan anak untuk merawat dan menjaga barang yang di punya

Memalui bersepeda anak di tuntut mengenal dan menyayangi barang yang dia punya dan sadar akan kepemilikan barang tersebut

Memberikan anak sepeda kesukaannya, bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara. Sangat disarankan ketika Anda ingin memberikan anak sepeda, lakukanlah dengan cara yang lebih bermakna daripada memberikannya secara cuma-cuma.

Hal tersebut akan lebih membekas dalam hati anak, karena ternyata untuk mendapatkan sesuatu mereka harus melakukan sebuah usaha. Misalnya, ketika anak rajin beribadah, rajin belajar atau rajin makan sayur.

Maka, manfaat bermain sepeda anak untuk tumbuh kembangnya akan lebih terasa. Nah, dengan memberikan anak penghargaan berupa sepeda maka rasa tanggung jawab mereka untuk merawat sepeda akan jauh lebih besar.

Anak-anak akan mengerti bahwa ketika menginginkan sesuatu, tidak bisa mereka dapatkan dengan cuma-cuma.

Selain itu, anak Anda pasti akan lebih rajin merawat sepedanya, seperti cara meletakkan sepedanya, mencucinya, membersihkannya, dan memperbaikinya ketika rusak.

Hal tersebut juga berlaku untuk anak usia dini. Anda bisa mengajarkan dengan cara bertahap, seperti memberikan sepeda roda empat terlebih dahulu, jangan lupa juga untuk melengkapi anak dengan perlengkapan sepeda yang benar seperti helmet, pelindung lutut dan siku.

Semoga bermanfaat!  

ARTIKEL DAN BERITA TERKAIT

Sepeda Anak Wimcycle Spesifikasi & Harga

Sepeda BMX Anak Wimcycle: Spesifikasi dan Harga

November 22, 2022
OLEH Marketing Wimcycle

Hari ini, Anda memutuskan untuk membeli sepeda anak BMX sebagai hadiah terbaik untuk anak Anda. Tapi, Anda bingung bagaimana memilih sepeda BMX yang tepat dan cocok untuk anak Anda. Barangkali itulah alasan mengapa Anda sekarang tertarik mencari tahu lebih lanjut tentang spesifikasi dan harga sepeda BMX anak. Kabar baiknya, Anda sudah berada di artikel yang […]

Baca Selengkapnya
Sepeda Anak Shotgun, Sepeda Anak Yuna, Sepeda Anak Clara

Rekomendasi Sepeda Anak Wimcycle

December 6, 2022
OLEH Marketing Wimcycle

Si kecil meminta kepada orang tuanya untuk dibelikan sepeda, tapi dapatkan Anda memilih sepeda anak yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan si kecil? Tentu Anda tidak ingin salah memilih jenis sepeda anak, sehingga Anda berada di artikel ini untuk mencari tahu rekomendasi sepeda anak yang cocok dengan kebutuhannya. Nah, apa saja sepeda yang kami rekomendasikan? […]

Baca Selengkapnya

Ketahuilah Isyarat Tangan Saat Bersepeda Agar Aman di Jalan

September 22, 2020
OLEH Marcomm

Saat bersepeda sendiri atau berkelompok dengan komunitas, perlu mengenal isyarat-isyarat saat bersepeda agar aman di jalan. Saat ingin belok kanan atau kearah kanan, lambaikan tangan kanan agar pengendara lain mengetahui arah Anda saat bersepeda.     2. Saat ingin belok kiri atau kearah kiri, lambaikan tangan kiri agar pengendara lain mengetahui arah Anda saat bersepeda. 3. […]

Baca Selengkapnya