Manfaat Bersepeda Untuk Anak

Kegiatan bersepeda merupakan salah satu alternatif kegiatan yang dapat dilakukan anak-anak untuk bermain. Mengisi waktu luang dan tentunya dapat melatih dan membantu tumbuh kembang anak-anak bersosialiasi dengan lingkungan sekitar. Bersepeda sangat mengasyikan bagi anak-anak, karena dapat bertemu dengan teman sebayanya, dapat menghirup udara segar dan banyak manfaat lainnya. Ingin tahu manfaat apa saja yang didapatkan oleh sang buah hati Anda, yuk simak artikel berikut :

1.     Belajar Tentang Kepemilikan Barang dan Bertanggung

Mulai umur 2 tahun, barang apa yang sering dibelikan orang tua untuk anak-anak? Yap!  Barang tersebut adalah sepeda, orang tua membelikan anak-anak sepeda sebagai hadiah, kado ulang tahun, atau bahkan sudah dijadikan kewajiban oleh orang tua untuk membelikan anak-anak sepeda untuk membantu anak-anak belajar bertanggung jawab.

Anak-anak pada umumnya akan selalu meminta kepada orang tua, jika teman sebayanya juga memiliki barang tersebut. Saat sang buah hati Anda merengek meminta dibelikan sepeda, sebaiknya jangan langsung dibelikan, jadikan moment membeli sepeda ini sebagai penghargaan jika telah berhasil melewati / melakukan sesuatu yang baik. Contohnya, saat sang buah hati susah makan, jadikanlah sepeda sebagai iming-iming agar sang buah hati mau makan, dengan melakukan hal ini, anak Anda akan belajar bertanggung jawab dan menghargai sesuatu yang ia dapatkan karena ia sulit untuk mendapatkanya.

2.     Menyeimbangkan Tubuh

Saat anak-anak belajar bersepeda, hal yang perlu diperhatikan ialah ukuran sepeda. Pastikan saat Ayah dan Bunda membelikan sepeda disesuaikan dengan tinggi badan anak Anda. Anak-anak mulai umur 2 – 7 tahun akan dibantu oleh roda samping untuk tahapan awal belajar.

Anak – anak Ketika duduk diatas sepeda tentu ia harus belajar menemukan posisi yang seimbang agar tak jatuh. Hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak, karena dapat melatih kemampuan menyeimbangkan tubuh.

3. Mengayuh dengan Baik

Mengayuh merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak usia 3-6 tahun. Sama seperti berenang, berlari, ataupun bermain bola. Ketika mengayuh anak akan belajar bagaimana caranya bisa membuat sepeda berjalan dan pada akhirnya melaju dengan kecepatan yang diinginkan. Tapi jangan biarkan anak mengayuh dengan kecepatan tinggi ya. karena sangat membahayakan.

4. Melatih Kemampuan Berkonsentrasi

Sama seperti ketika orang dewasa mengendarai motor, bermain sepeda juga membutuhkan konsentrasi agar tidak menabrak ataupun jatuh. Nah melalui hal inilah anak akan terlatih untuk mengasah kemampuan konsentrasinya untuk mencapai sesuatu.

5. Melatih Kemampuan Motorik

Manfaat bersepeda bagi anak selanjutnya adalah melatih kemampuan motorik. Saat mengayuh sepeda hampir semua bagian tubuh anak bergerak, terutama tangan dan kaki. Hal ini tentunya baik untuk perkembangan anak yang sedang belajar, karena kemampuan motoriknya dilatih menjadi lebih aktif dan kuat. Selain itu melalui aktifitas ini anak akan menjadi lebih sehat.

6. Belajar Arah Kiri, Kanan, Depan, dan Belakang

Yups inilah cara paling tepat mengajari anak tentang arah. Ketika sang buah hati bersepeda, ia akan berpetualang ke tempat yang anak-anak suka. Nah untuk mencapai tujuannya itu ia harus tahu arah agar dapat sampai ke tempat yang ia mau. Itulah saat yang tepat untuk kita mengajarinya arah kiri, kanan, depan, dan belakang sampai akhirnya ia sendiri tahu tanpa perlu di temani.

7. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Manfaat bersepeda untuk anak terakhir adalah bersosialisasi dengan orang lain. karena tanpa mereka sadari mereka akan mencari teman sebayanya untuk diajak bersepeda bersama. Dan darisitu pula mereka akan belajar membina hubungan pertemanan yang baik.

Nah, itu merupakan 7 manfaat yang didapatkan saat anak-anak bersepeda, manfaatnya banyak sekali loh Ayah dan Bunda, masih ragu membelikan sepeda untuk anak Anda?

ARTIKEL DAN BERITA TERKAIT

COVER 60 DETIK

60 Detik Sebelum Bersepeda Cek 5 Hal Berikut

September 22, 2020
OLEH Admin

Keamanan dalam bersepeda merupakan hal yang sangat perlu di perhatikan. Wimcycle akan memberikan tips bersepeda yang perlu di perhatikan sebelum bersepeda. Hal ini cukup di lakukan 60 detik dan akan membuat Anda aman dan nyaman dalam bersepeda. REM (Pastikan rem depan dan belakang berfungsi dengan benar) 2. BAN (Periksa tekanan ban sebelum berkendara, bila terlihat […]

Baca Selengkapnya
COVER DIY BIKE TAG-21

Asah Kreatifitas Anak selama School From Home

September 15, 2020
OLEH Admin

Apa aja sih kegiatan yang sudah di lakukan selalu kegiatan belajar-mengajar di adakan dirumah? Pastinya sudah berbagai macam telah dilakukan oleh Ayah & Bunda. Mulai mencari kegiatan yang seru, permainan yang seru, menonton film favorit, dll, segala bentuk kegiatan yang tentunya membuat hubungan orang tua dan anak semakin harmonis. Wimcycle sepeda pilihan keluarga Indonesia mau […]

Baca Selengkapnya
COVER ISYARAT TANGAN SAAT BERSEPEDA

Ketahuilah Isyarat Tangan Saat Bersepeda Agar Aman di Jalan

September 22, 2020
OLEH Admin

Saat bersepeda sendiri atau berkelompok dengan komunitas, perlu mengenal isyarat-isyarat saat bersepeda agar aman di jalan. Saat ingin belok kanan atau kearah kanan, lambaikan tangan kanan agar pengendara lain mengetahui arah Anda saat bersepeda.     2. Saat ingin belok kiri atau kearah kiri, lambaikan tangan kiri agar pengendara lain mengetahui arah Anda saat bersepeda. 3. […]

Baca Selengkapnya

Belum Ada Komentar

Komentar